[News] WoW BlackBerry Rilis OS Ramah Android


Setelah lama dinanti-nanti, update resmi untuk BlackBerry OS 10.2.1 yang kian ramah untuk menjalankan aplikasi Android, akhirnya sudah bisa di-download oleh para pengguna BlackBerry 10 di Indonesia.

"Dengan hadirnya update OS 10.2.1 ini, maka semua handset BlackBerry 10 sudah support native apps Android," kata Martyn Mallick, Vice President Global Alliances & BlackBerry Ecosystem di Bali.

Fitur ini mungkin yang paling banyak ditunggu. Dalam update OS terbaru ini, pengguna BlackBerry 10 bisa menginstal file aplikasi (APK) Android tanpa harus repot-repot mengkonversinya terlebih dulu, dan bisa menjalankannya langsung tanpa emulator.

Aplikasi Android yang dimaksud tentunya tak bisa di-download langsung dari Google Play karena perangkat BlackBerry 10 tak akan dikenali sebagai handset Android. Namun untuk mengakalinya, file APK ini bisa di-download dari sumber lain.

"Google Play bukan satu-satunya tempat untuk mencari aplikasi Android. Banyak jalan menuju Roma. Aplikasinya mungkin bisa di-download dari sumber lain di internet,” kata Ardo Fadhola, Senior Product Manager BlackBerry South East Asia.

Selain download aplikasi dengan cara browsing internet, aplikasi Android yang jumlahnya sejuta lebih ini juga bisa di-download melalui Amazon maupun Mobo Market. Aplikasi tenar seperti Path, Instagram, maupun Candy Crush sudah bisa berjalan lancar.

Namun ia mengingatkan, karena aplikasi ini pada dasarnya dirancang untuk Android, jadi tidak semua aplikasi bisa berjalan mulus 100%. Misalnya saja, dari aspek display ratio yang berbeda untuk tiap handset.

"Ada sejuta lebih aplikasi Android yang tersebar, tidak mungkin kita coba satu-satu. Tapi soal display, biasanya aplikasi itu dirancang untuk menyesuaikan ukuran layar penggunanya. Tapi memang, tidak semuanya bisa pas," katanya.

Selain lebih lancar untuk menjalankan aplikasi Android, BlackBerry juga menawarkan sejumlah fitur baru yang tak kalah menarik dalam pembaruan OS ini, misalnya Picture Password dan Priority Hub. Segala kekurangan yang ada sebelumnya juga telah diperbaiki. Hasilnya memang cukup menakjubkan.

Fitur sukses di BlackBerry lawas pun kembali 'dihidupkan' oleh BlackBerry setelah sempat hilang. Apa saja fitur-fitur baru yang ditawarkan dalam OS 10.2.1 ini? Nantikan saja versi lengkapnya dalam berita selanjutnya.

22 comments

waw blackberry mau nyaingin andro nih :D

iya neng.... kyknya bb mau naik daun lagi ne.. klo dah bs install aplikasi android

wah aku gak pakai bb sob....

sepertinya blacbery sudah mulai tidak nyaman dengan android
hahahaha

persaingan bb dengan android semakin sengit ya sob
:)

pakai bb ribet,,kebayakan tombol,,lebih baik android toh bisa juga BB-an..hehe

Strategi marketingnya boleh juga nih...

beli aja neng.. udah murah... z10 aja udah 3.5jt

iya mas... sepertinya blackberry sudah mulai tak mau di libas android

bagus juga strateginya tapi yang menjadi masalah bb dari dulu itu soal harganya :-)

kalo gini penampakannya, semakin akrab aja dong nih blackberry sama android. tapi gimana nih dengan windows phone8. akraban sama siapa ya.

android ke BB dari BB ke android

kali ini bb untuk mulai bagus gan... sejak kerja sama dengan foxconn nanti...
kan udah ada pabrik di indonesia

blom ada kabar dengan windows phone...

mudah2an windows phone juga bgitu

wah hebat juga ya blackberry bisa buat fitur baru :)

Gunakan Fasilitas Comment dengan Bijak, no spam no junk no caci maki.
Terima kasih atas Kontribusi anda :)
EmoticonEmoticon